Ads Here

Selasa, 14 Maret 2017

10 Hewan Terkecil Di Dunia

Selain ada hewan terbesar di dunia di artikel sebelumnya 10 Hewan Terbesar di Dunia juga ada hewan terkecil di dunia yang mungkin belum kalian ketahui atau juga tidak pernah terpikir hewan apa yang terkecil di dunia.

Berikut ini daftar 10 Hewan Terkecil di Dunia Versi Kinos BLOG :

10. Brookesia Micra

10 Hewan Terkecil Di Dunia

Brookesia Micra adalah seekor chameleon atau bunglon paling kecil di dunia. Hewan vertebrta (bertulang belakang) ini hanya memiliki panjang kira-kira 0,3 cm. Dan juga hewan berkaki empat ini haya bisa ditemukan di Madagascar sebagai tempat habitat aslinya.



Tentu dengan ukuran yang sangat kecil ini sangat sulit ditemukan atau dicari. Dan apabila ingin mencarinya lebih baik dilakukan pada tengah malam saat ia sedang tidur di cabang atau dahan pohon.


9. Ikan Kecil Sumatera

10 Hewan Terkecil Di Dunia


Ikan Kecil Sumatera merupakan hewan air yang hampir tak terlihat disebabkan ukurannya yang sangat kecil. Ukuran ikan kecil sumatera ini bahkan tidak mencapi 1 cm yakni hanya sekitar 0,7 cm.

Tubuh hewan air ini sangat rapuh oleh karenanya hewan ini dijadikan sebagai salah satu jenis ikan yang terancam punah. Kepunahan ikan kecil ini disebabkan habitat tempat dia hidup yakni berupa rawa gambut mulai menipis.

Hal ini dikarenakan lahan tempat mereka berkembang biak dan hidup banyak digunakan oleh perusahaan yang bergerak dibidang agro seperti kelapa sawit, karet dan jati.

8. Sphaerodactylus Ariasae

10 Hewan Terkecil Di Dunia

Sphaerodactylus Ariasae adalah jenis reptil terkecil selain ular yang ada dan berhasil ditemukan di salah satu belahan dunia. Jenis reptil atau tokek ini memiliki ukuran panjang 1,6 cm.

Sphaerodactylus Ariasae hanya dapat ditemukan di Republik Dominika, daerah lepas pantai Pulau Karibia. Ukurannya yang sangat kecil menjadikan hewan ini sering jadi buruan atau makanan bagi predator besar semisal, ular.



7. Hippocampus Denise

10 Hewan Terkecil Di Dunia

Hippocampus Denise adalah jenis kuda laut yang terkecil di dunia. Ukuran kuda laut ini hanya 1,6 cm. Uniknya kuda laut ini hanya bisa ditemukan dengan cara menyelam pada kedalaman lebih kurang 90 meter di bawah laut di Samudera Pasifik.

Kuda laut jenis Hippocampus Denise ini sangat langka sehingga keberadaanya sangat dilindungi. Bahkan saking langkanya hewan laut kecil ini dihargai sangat mahal apabila berhasil menemukannya.

Untuk dapat menemukannya maka dapat dicari diantara karang-karang atau bebatuan. Sebab warna dari hewan laut kecil ini sangat mirip dengan warna bebatuan laut dan warna karang itu sendiri.

6. Pygmy Marmoset (Si Monyet Kecil)

10 Hewan Terkecil Di Dunia

Pygmy Marmoset adalah salah satu jenis monyet yang paling kecil di dunia. Dengan ukuran 15-16 cm mulai dari ekor hingga kepala. Monyet jenis ini bisa ditemukan di Negara Ekuador sebagai tempat habitat aslinya.

Sekilas tampak seperti boneka yang imut dan menggemaskan bagi yang belum pernah melihat hewan ini. Dengan tubuhnya yang mungil, monyet ini hidup dengan cara berkelompok di dalam hutan.

Untuk dapat bertahan hidup hewan ini akan melindungi tubuhnya dengan cara berlindung dari balik pohon saat terjadi hujan dan angin yang kencang. Makanan utama Si Monyet Kecil adalah getah dari pohon dan buah-buahan.

Masa hidup Pygmy Marmoset ialah 11-12 tahun di hutan atau alam liar. Namun jika diletakkan di kebun binatang, mereka bisa hidup sampai 20 tahun.


5. Kitii Hog-Nosed (Bumblebee Bat, Si Kelelawar Kecil)

10 Hewan Terkecil Di Dunia

Kitii Hog-Nosed adalah jenis kelelawar yang keberadaanya hampir punah. Hewan yang hidup di malam hari ini adalah jenis kelelawar yang hanya memiliki ukuran tubuh 5-6 cm dengan berat seperti pecahan uang logam 100 rupiah.

Bumblebee Bat, Si Kelelawar Kecil banyak ditemukan di negara Thailand dan menjadi salah satu jenis kelelawar yang hampir punah. Banyak yang mengira hewan ini adalah sebagai miniatur hewan namun jika dilihat lebih jelas hewan ini sangat imut dan lucu.

Sebagaimana kelelawar pada umumnya, Kitii Hog-Nosed hidup di dalam goa dengan rata-rata pergoa dihuni 100 individu. Tetapi bisa juga mencapai 500 ekor tergantung dari besar dan lebar goa.


4. Pygmy Jerboa (Si Tikus Imut)

10 Hewan Terkecil Di Dunia

Salah satu jenis hewan imut dan terkecil di dunia selanjutnya adalah Pygmy Jerboa atau Si Tikus Imut. Pygmy Jerboa adalah tikus yang sudah dikenal orang.

Hewan pengerat imut ini akan membuat orang takjub dengan keindahan dan kelembutan serta kehalusan bulu yang dimilikinya. Ditambah lagi jika kita ikut memeluknya.

Ukurannya yang kecil menjadikan hewan jenis ini mampu berlari dengan kecepatan 15 mil per jam bahkan bisa lebih jika sedang diburu.

Kaki bagian belakang dari tikus imut ini lebih panjang dibandingkan dengan kaki bagian depan. Oleh karena itu tikus ini menggunakan ekornya untuk menjaga keseimbangan. Seperti layaknya seekor kangguru.



3. Leptotyphlops Carlae (Si Ular Mungil)

10 Hewan Terkecil Di Dunia

Leptotyphlops Carlae adalah jenis ular yang paling kecil di dunia yang berhasil ditemukan. Mungkin saat pertama kali melihat, kita mengira ini merupakan jenis cacing. Tapi jika ditelaah lebih lanjut, spesies reptile ini merupakan salah satu jenis ular.

Ukuran ular ini sangat kecil hanya memiliki panjnag 10 cm saja. Dan untuk anak dari jenis ular ini hanya memiliki panjang dari setengah ular dewasa.

Leptotyphlops Carlae hanya mampu bertelur satu butir untuk sekali periode reproduksi. Sehingga banyak ilmuwan zoology menyebutkan hewan ini sangat terancam bahkan hampir punah.


2. Thumbelina Kuda

10 Hewan Terkecil Di Dunia

Thumbelina Kuda adalah jenis kuda yang terkecil di dunia dengan tinggi 0,43 m dan berat 26 kilogram. Jenis kuda ini lahir pada tahun 2001 dengan ciri-ciri, 2 pasang kaki pendek dan memiliki rupa yang imut. Dengan ukurannya yang unik dan aneh ini menjadikan Thumbelina memiliki fans club di berbagai penjuru dunia.

Kay dan Paul Goesling yang merupakan peternak kuda mini menuturkan, Thumbelina menderita penyakit syndrome dwarfisme sehingga membuat pertumbuhannya abnormal dibandingkan kuda jenis lain.

Bahkan saat menjadi bayi, ukuran tubuh Thumbelina tidak lebih besar dari bayi manusia yang baru lahir dan ketika dewasa ukuran tubuhnya tidak lebih dari ukuran anjing.

Dengan tubuhnya yang mungil dan imut, Thumbelina meraih popularitas di dunia maya. Bahkan banyak orang yang menyempatkan foto bersama saat berkunjung ke peternakan nya.


1. Boo Boo Dog

10 Hewan Terkecil Di Dunia

Boo Boo Dog adalah nama dari jenis anjing yang memiliki ukuran tubuh 10 cm atau 4 inci. Walaupun disebut-sebut bukan sebagai anjing terkecil di dunia, namun di dunia maya anjing ini memberikan keunikan tersendiri.

Anjing yang masuk ke dalam family Chihuahua ini memiliki hal yang unik yaitu hanya memakan ayam kalkun dan kacang polong. Selain dari itu jangan harap anjing ini mau memakan nya.


Banyak orang yang menyempatkan foto bersama dengan anjing mungil ini. Bahkan tidak sedikit orang yang ingin memilikinya. Sehingga jangan heran, apabila anjing ini dihargai sangat mahal di pasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar