Ads Here

Minggu, 19 Maret 2017

17 Perang Terbesar Dalam Sejarah Manusia

Dalam perkembangan sejarah manusia selalu diliputi dengan tangisan dan darah yang disebabkan oleh peperangan, entah perang antar negara, suku maupun agama. Sebuah perang tidak akan pernah menyelesaikan sebuah masalah hanya menimbulkan kesedihan dan penderitaan dari pihak-pihak yang bertikai. Entah itu didasari dengan tujuan untuk memperluas wilayah ataupun menaklukan pihak lain, sebuah perang tidak pernah meninggalkan hal positif.

Berikut ini daftar 17 Perang Terbesar Dalam Sejarah Manusia Versi Kinos Blog :


17. Perang Israel & Palestina

17 Perang Terbesar Dalam Sejarah Manusia

Terjadi dari tahun 1948 ketika Inggris berusaha merebut sebuah wilayah yang termasuk di dalam Kesultanan Turki Ottoman dan kemudian wilayah tersebut diperuntukan kepada para kaum Yahudi dalam rangka membangun kembali “tanah air” sejak mereka terusir dari wilayah tersebut karena “membangkang” kepada Tuhan sejak ribuan tahun yang lalu.


Negara-negara Timur Tengah yang mayoritas penduduk beragama muslim tentu kurang setuju dengan hal tersebut, dengan spontan mereka langsung mengangkat senjata guna melawan Israel dalam Perang Arab-Israel pada tahun 1948. Pada akhirnya Israel yang memenangkan perang ini. Perang lalu terjadi kembali pada tahun 1967, yang dikenal dengan Perang Enam Hari. Penyebab dari perang ini dikarenakan negara Arab masih belum rela untuk menerima Israel.

Dan lagi-lagi perang ini kembali dimenangkan Israel. Meski perang terbuka tidak terjadi lagi setelahnya, namun rupanya konflik intensitas rendah masih berlangsung sampai sekarang. Pada tanggal 13 September 1993, Palestina juga Israel sama-sama telah mengakui kedaulatannya masing-masing melalui kesepakatan yang dikenal dengan kesepakatan Oslo. Namun bagi Hamas yang tidak menyetujui keputusan tersebut sehingga terus mendapatkan tekanan dari Israel hingga kini. Ratusan ribu nyawa telah melayang akibat konflik ini.


16. Thirty Year’s War (1618-1648)

17 Perang Terbesar Dalam Sejarah Manusia

Perang Tiga Puluh Tahun adalah sebuah konflik yang terjadi antara tahun 1618 hingga 1648, khususnya di wilayah yang sekarang menjadi negara Jerman, dan melibatkan sebagian besar kekuatan-kekuatan di kawasan tersebut. Ada beberapa sebab mengapa perang ini terjadi. 

Meskipun tampak sebagai konflik keagamaan antara kaum Protestan dan Katolik, persaingan antara dinasti Habsburg dan kekuatan lainnya juga merupakan salah satu motif penting terjadinya perang ini, hal ini dapat terlihat dari fakta kaum Katolik Perancis mendukung pihak Protestan, yang meningkatkan persaingan Perancis dan Habsburg.

Akibat dari Perang Tiga Puluh Tahun yang disertai musibah kelaparan dan wabah penyakit sangat mengerikan. Perang mungkin hanya berlangsung 30 tahun, tetapi konflik yang memicunya tetap berlanjut hingga waktu yang lama. Perang ini diakhir melalui Perjanjian Westphalia.


15. Vietnam War (1955-1975)

17 Perang Terbesar Dalam Sejarah Manusia

Perang Vietnam, juga disebut Perang Indochina Kedua, adalah sebuah perang yang terjadi antara tahun 1955-1975 di Vietnam. Perang ini merupakan bagian dari Perang Dingin antara dua kubu ideologi besar, yakni Komunis dan Liberal.

Dua kubu yang saling berperang adalah Republik Vietnam (Vietnam Selatan) dan Republik Demokratik Vietnam (Vietnam Utara). Amerika Serikat, Korea Selatan, Thailand, Australia, Selandia Baru dan Filipina bersekutu dengan Vietnam Selatan, sedangkan USSR dan Tiongkok mendukung Vietnam Utara yang merupakan negara komunis.

Jumlah korban yang meninggal diperkirakan adalah 280.000 di pihak Selatan dan 1.000.000 di pihak Utara. Perang ini mengakibatkan eksodus besar-besaran warga Vietnam ke negara lain, terutamanya Amerika Serikat, Australia dan negara-negara Barat lainnya, sehingga di negara-negara tersebut bisa ditemukan komunitas Vietnam yang cukup besar.

Setalah berakhirnya perang ini, kedua Vietnam tersebut pun bersatu pada tahun 1976. Salah satu korban paling terkenal dari Perang Vietnam adalah Kim Phuc.


14. Soviet War in Afghanistan (1979-1989)

17 Perang Terbesar Dalam Sejarah Manusia

Perang Soviet-Afganistan berlangsung selama sembilan tahun dari Desember 1979 sampai Februari 1989. kelompok pemberontak yang dikenal sebagai kaum mujahidin berperang melawan tentara Uni Soviet dan Republik Demokratik Afghanistan. Antara 562.000-2 Juta warga sipil tewas dan jutaan warga Afghanistan melarikan diri dari negara itu sebagai pengungsi, sebagian besar untuk Pakistan dan Iran. perang ini dianggap sebagai bagian dari Perang Dingin.

Sebelum kedatangan pasukan Soviet, Partai Rakyat Demokratik Afghanistan mengambil alih kekuasaan setelah 1978 kudeta, meresmikan Nur Mohammad Taraki sebagai presiden. Partai ini memulai serangkaian reformasi modernisasi radikal di seluruh negara yang sangat tidak populer, terutama di kalangan penduduk pedesaan yang lebih tradisional dan struktur kekuasaan tradisional yang didirikan. Pemerintah penuh semangat menekan oposisi dan menangkap ribuan orang, mengeksekusi sebanyak 27.000 tahanan politik. 

kelompok bersenjata anti-pemerintah yang dibentuk, dan pada April 1979 sebagian besar negara itu dalam pemberontakan terbuka. Pemerintah sendiri adalah sangat tidak stabil dengan persaingan di pihak, dan pada bulan September 1979 presiden digulingkan oleh pengikut Hafizullah Amin, yang kemudian menjadi presiden. 

Memburuknya hubungan dan memburuknya pemberontakan yang dipimpin pemerintah Soviet, di bawah pimpinan Leonid Brezhnev, untuk menyebarkan 40 Tentara pada tanggal 24 Desember 1979. Tiba di ibukota Kabul, mereka melakukan kudeta, membunuh presiden Amin dan menginstal loyalis Soviet Babrak Karmal dari faksi saingan.

Pada bulan Januari 1980, menteri luar negeri dari 34 negara Konferensi Islam mengadopsi resolusi yang menuntut "penarikan segera, mendesak dan tanpa syarat dari pasukan Soviet" dari Afghanistan, sedangkan Majelis Umum PBB mengeluarkan resolusi memprotes intervensi Soviet dengan suara dari 104-18. Gerilyawan Afghanistan mulai menerima sejumlah besar bantuan dan pelatihan militer di negara tetangga Pakistan dan China, dibayar terutama oleh Amerika Serikat dan Kerajaan Arab di Teluk Persia. 

Seperti yang didokumentasikan oleh Arsip Keamanan Nasional, "Central Intelligence Agency (CIA) memainkan peran penting dalam menegaskan pengaruh di Afghanistan AS oleh pendanaan operasi militer yang dirancang untuk menggagalkan invasi Soviet dari negara itu. CIA aksi rahasia bekerja melalui badan intelijen Pakistan untuk mencapai kelompok pemberontak Afghani. Pasukan Soviet menduduki kota dan arteri utama komunikasi, sementara mujahidin melancarkan perang gerilya dalam kelompok kecil yang beroperasi di hampir 80 persen dari negara yang luar pemerintahan dan kontrol Soviet. 

Soviet menggunakan kekuatan udara mereka untuk bertindak keras dengan kedua pemberontak dan warga sipil, meratakan desa untuk menolak safe haven untuk para mujahidin, menghancurkan saluran irigasi penting, dan meletakkan jutaan ranjau darat.

Pada pertengahan 1980-an, kontingen Soviet meningkat menjadi 108.800 dan peperangan meningkat di seluruh negeri, tetapi militer dan diplomatik biaya perang untuk Uni Soviet sangat tinggi. Pada pertengahan 1987 Uni Soviet, sekarang di bawah pemimpin reformis Mikhail Gorbachev, mengumumkan akan mulai menarik pasukannya. Penarikan pasukan dimulai pada tanggal 15 Mei 1988, dan berakhir pada tanggal 15 Februari 1989. Karena panjangnya peperangan itu kadang-kadang disebut sebagai "Uni Soviet Perang Vietnam" atau "Bear Trap" oleh media Barat, dan diperkirakan menjadi faktor yang berkontribusi terhadap jatuhnya Uni Soviet.



13. American Civil War (1861-1865)

17 Perang Terbesar Dalam Sejarah Manusia

American Civil War adalah sebuah perang saudara di Amerika Serikat. Sebelas negara bagian budak di Selatan mengumumkan pemisahan dari Amerika Serikat dan membentuk Konfederasi Amerika yang dikenal sebagai "Konfederasi". Dipimpin oleh Jefferson Davis, pihak Konfederasi memperjuangkan kemerdekaannya dari Amerika Serikat.

Setelah empat tahun perang berdarah (kebanyakan di negara bagian Selatan), Konfederasi menyerah dan perbudakan dihapus di seluruh negara. Restorasi Serikat, dan Era Rekonstruksi yang mengikutinya, menghadapi masalah yang masih belum terselesaikan selama beberapa generasi selanjutnya.

Dan Perang Saudara Amerika menjadi salah satu perang pertama yang menunjukkan perang industri persenjataan dalam sejarah manusia. Pembuatan jalur rel kereta, kapal-kapal uap, produksi senjata secara massal, dan berbagai macam alat militer lainnya dilakukan di mana-mana. Praktek perang total yang dikembangkan oleh Sherman di Georgia dan perang parit di sekitar Petersburg menjadi salah satu taktik yang digunakan dalam Perang Dunia I di Eropa.


12. Perang Kongo Kedua

17 Perang Terbesar Dalam Sejarah Manusia

Perang terbesar dalam sejarah Afrika modern, secara langsung melibatkan delapan negara Afrika, serta sekitar 25 kelompok bersenjata. Pada tahun 2008 perang dan akibatnya telah membunuh 5,4 juta orang, sebagian besar dari penyakit dan kelaparan, membuat Kongo Kedua Perang konflik paling mematikan di seluruh dunia sejak Perang Dunia II. Jutaan lainnya mengungsi dari rumah mereka atau mencari suaka di negara-negara tetangga.

Lokasi: Republik Demokratik Kongo
Tahun: 1998-2003
Perkiraan tertinggi (Kematian): 5.400.000
Perkiraan terendah (Kematian): 3.800.000
Persen Of The World: 0,06% -0.09%


11. Perang Napoleon

17 Perang Terbesar Dalam Sejarah Manusia

Perang ini timbul selama Napoleon Bonaparte memerintah Perancis dari 1799 hingga 1815 dan berdampak luas di Eropa. Napoleon Bonaparte yang berhasil mengambil alih kekuasaan di Perancis melalui sebuah kudeta 18 Brumaire menata ulang sistem kemiliteran di Perancis dan secara mengejutkan berhasil memperluas kekuasaan Perancis hingga menguasai hampir seluruh wilayah Eropa.

Namun Perancis tidak mampu untuk melawan Inggris serta Rusia. Perang Napoleon yang berakhir pada saat ia mengalami kekalahan dalam Pertempuran Waterloo (18 Juni 1815) dan disepakatinya fakta Paris kedua. Jumlah korban tewas sekitar 3,25 juta sampai dengan 6,5 juta jiwa.


10. Perang Saudara Rusia

17 Perang Terbesar Dalam Sejarah Manusia

Perang Saudara Rusia adalah perang multi partai yang terjadi dalam Imperium Rusia setelah pemerintahan sementara Rusia runtuh ke Soviet, di bawah dominasi partai Bolshevik. Pasukan Soviet pertama diasumsikan kekuasaan di Petrograd (St Petersburg) dan kemudian menguasai seluruh Rusia.

Lokasi: Russia
Tahun: 1917-1921
Perkiraan tertinggi (Kematian): 9.000.000
Perkiraan terendah (Kematian): 5.000.000
Persen Of The World: 0,28% -0,5%


9. Dungan Revolt

17 Perang Terbesar Dalam Sejarah Manusia

Pemberontakan itu kacau dan sering terlibat berperang faksi band dan pemimpin militer tanpa tujuan atau sasaran, hanya untuk melawan, di tepi barat Sungai Kuning. Kesalahpahaman yang umum adalah bahwa itu ditujukan terhadap Dinasti Qing, tetapi tidak ada bukti menunjukkan semua yang mereka ditujukan untuk menyerang ibukota Beijing. Ketika pemberontakan yang gagal, massa emigrasi orang Dungan ke Kekaisaran Rusia, Kazakhstan dan Kyrgyzstan terjadi.

Lokasi: China
Tahun: 1862-1877
Perkiraan tertinggi (Kematian): 12.000.000
Perkiraan terendah (Kematian): 8.000.000
Persen Of The World: 0,6% -0,9%


8. Conquests of Timur

17 Perang Terbesar Dalam Sejarah Manusia

Timur berada di masa hidupnya seorang tokoh kontroversial, dan tetap jadi hari ini. Dia berusaha untuk mengembalikan Kekaisaran Mongol, namun pukulan terberatnya adalah melawan Horde Emas agama Islam Tatar. Dia lebih di rumah di lingkungan perkotaan dari pada di stepa. Dia menyebut dirinya seorang ghazi saat melakukan perang yang sangat mempengaruhi beberapa negara muslim, misalnya Kekaisaran Ottoman. Sebuah pelindung besar seni, kampanye nya juga menyebabkan kerusakan yang luas.

Lokasi: Timur Tengah, India, Asia Tengah, Rusia
Tahun: 1369-1405
Perkiraan tertinggi (Kematian): 20.000.000
Perkiraan terendah (Kematian): 15.000.000
Persen Of The World: 3,4% -4,5%


7. Perang Dunia I

17 Perang Terbesar Dalam Sejarah Manusia

Perang Dunia I adalah perang besar berpusat di Eropa yang dimulai pada musim panas 1914 dan berlangsung sampai November 1918. Ini melibatkan semua kekuatan besar dunia, yang dirakit dalam dua aliansi yang berlawanan : Sekutu dan Blok Sentral. Lebih dari 70 juta personil militer, termasuk 60 juta orang Eropa, dimobilisasi di salah satu perang terbesar dalam sejarah. Lebih dari 9 juta kombatan tewas, terutama karena kemajuan teknologi besar dalam senjata tanpa kemajuan yang sesuai dalam mobilitas.

Lokasi: Seluruh dunia
Tahun: 1914-1918
Perkiraan tertinggi (Kematian): 65.000.000
Perkiraan terendah (Kematian): 15.000.000
Persen Of The World: 0,8% -3,6%


6. Taiping Rebellion

17 Perang Terbesar Dalam Sejarah Manusia

Pemberontakan Taiping adalah perang sipil yang meluas di Cina selatan 1850-1864, dipimpin oleh heterodoks Christian mengkonversi Hong Xiuquan, yang telah menerima visi, menyatakan bahwa dia adalah adik dari Yesus Kristus terhadap Dinasti Manchu yang dipimpin penguasa Qing. Sekitar 20 juta orang tewas, sebagian besar warga sipil, dalam salah satu konflik militer paling mematikan dalam sejarah.

Lokasi: China
Tahun: 1851-1864
Perkiraan tertinggi (Kematian): 30.000.000 +
Perkiraan terendah (Kematian): 20.000.000
Persen Of The World: 1,6% -2,1%



5. Dinasti Qing penaklukan Dinasti Ming

17 Perang Terbesar Dalam Sejarah Manusia

Dinasti Qing juga dikenal sebagai Dinasti Manchu, adalah dinasti terakhir China, memerintah 1644-1912. Ini didahului oleh Dinasti Ming dan diikuti oleh Republik Cina. Dinasti ini didirikan oleh klan Manchu Aisin Gioro di modern China timur laut. Mulai tahun 1644 itu diperluas ke Cina tepat dan wilayah sekitarnya, mendirikan Kekaisaran Qing Besar. Pasifikasi lengkap dari China dicapai sekitar 1.683 di bawah Kaisar Kangxi.

Lokasi: China
Tahun: 1616-1662
Perkiraan tertinggi (Kematian): 25.000.000
Perkiraan terendah (Kematian): 25.000.000
Persen Of The World: 4,8%


4. Ekspansi Mongol

17 Perang Terbesar Dalam Sejarah Manusia

Kekaisaran Mongol awalnya disebut sebagai Negara yang lebih besar Mongol adalah sebuah kerajaan besar selama abad 13 dan 14. Dimulai di stepa Asia Tengah, akhirnya membentang dari Eropa Timur ke Laut Jepang, yang tercakup Siberia di utara dan selatan diperpanjang ke Asia Tenggara, anak benua India, dan Timur Tengah.

Hal ini sering disebut sebagai kekaisaran berdekatan terbesar dalam sejarah dunia. Pada tingkat yang terbesar itu membentang 6.000 mil (9.700 km), meliputi area seluas 33.000.000 km 2 (12.700.000 sq mi), 22% dari total luas lahan bumi, dan memegang kekuasaan atas populasi 100 juta.

Lokasi: Asia, Eropa Timur, Timur Tengah
Tahun: 1207-1472
Perkiraan tertinggi (Kematian): 60.000.000
Perkiraan terendah (Kematian): 30.000.000
Persen Of The World: 7,5% -17,1%


3. Perang Salib

17 Perang Terbesar Dalam Sejarah Manusia

Merupakan sebuah perang yang dimulai dengan tujuan memperebutkan sebuah kota bernama Yerussalem, dan kemudian meluas menjadi sebuah perang agama terbesar dalam sejarah umat manusia, dimana para kaum kristiani yang kemudian direstui oleh Paus Uran II untuk merebut kembali “Tanah Suci” dari kekuasaan Kesultanan Turki. pada tahun 1095 dan pada tahun itu pula Perang Salib pertama terjadi.

Kemudian dari peristiwa Perang Salib yang terjadi dari abad ke-9 hingga ke-16 Masehi memunculkan nama Salahudin Al Ayyubi dan Richard “The Lion Heart” sebagai pahlawan pada masa itu. Perang ini sendiri memberikan pengaruh dalam mengantarkan Eropa menuju zaman Renaissance. Istilah “Perang Salib” masih dipakai untuk menunjukkan konflik antar agama yang berlangsung hingga sekarang.


2. An Lushan Rebellion

17 Perang Terbesar Dalam Sejarah Manusia

An Lushan Pemberontakan terjadi di Cina selama Dinasti Tang, dari 16 Desember 755 sampai 17 Februari 763. Sebuah Lushan, mantan-Tang umum, menyatakan dirinya kaisar, mendirikan Dinasti Yan saingan di Cina Utara. Pemberontakan membentang pemerintahan tiga kaisar Tang sebelum dibatalkan. Selama waktu itu, penduduk terdaftar menurun hingga 36 juta, meskipun sebagian besar ini adalah karena kerusakan sistem sensus selama perang.

Lokasi: China
Tahun: 755-763
Perkiraan tertinggi (Kematian): 36.000.000
Perkiraan terendah (Kematian): 33.000.000
Persen Of The World: 14,0% -15,3%


1. Perang Dunia II

17 Perang Terbesar Dalam Sejarah Manusia

Perang Dunia II adalah konflik militer global yang berlangsung 1939-1945, yang melibatkan sebagian besar negara di dunia, termasuk semua kekuatan besar : akhirnya membentuk dua aliansi militer yang berlawanan, Sekutu dan Axis. Ini adalah perang yang paling luas dalam sejarah, dengan lebih dari 100 juta personil militer dikerahkan.

Dalam keadaan "perang total," menempatkan peserta utama kemampuan mereka seluruh ekonomi, industri, dan ilmiah untuk melayani usaha perang, menghapus perbedaan antara sumber daya sipil dan militer. Ditandai dengan peristiwa penting yang melibatkan kematian massal warga sipil, termasuk Holocaust dan hanya menggunakan senjata nuklir dalam peperangan, itu adalah konflik paling mematikan dalam sejarah manusia, mengakibatkan 50 juta - 70 juta korban jiwa.

Lokasi: Seluruh dunia
Tahun: 1939-1945
Perkiraan tertinggi (Kematian): 72.000.000
Perkiraan terendah (Kematian): 40.000.000
Persen Of The World: 1,7% -3,1%

Pembahasan 17 Perang Terbesar Dalam Sejarah Manusia diatas dirangkum dari berbagai sumber. Kita tahu yang nama nya perang pasti menyebabkan kesengsaraan berkepanjangan, kehilangan keluarga dan tempat tinggal tidak ada yang diuntungkan sama sekali dalam perang. Semoga kedepannya tidak ada lagi perang-perang seperti yang kita bahas diatas, Dunia akan lebih indah dan sempurna jika kita saling melengkapi dalam hal apapun, bukan bersaing dan berambisi untuk mengejar sesuatu yang akhirnya membuat kita terpecah belah dan saling bermusuhan.

1 komentar:

  1. AGEN JUDI SLOT | SITUS JUDI SLOT | LIVE CASINO GAMES ONLINE

    Bandar Judi Online Terpercaya Dan Situs Slot Online Terbesar Di ASIA
    vegasplay99 adalah situs web judi online slot, casino, idn poker deposit pulsa telkomsel, xl,tanpa potongan dengan minimal deposit 10.000 Ribu.

    situs judi slot

    slot deposit pulsa

    judi deposit pulsa

    Deposit pulsa tanpa potongan

    situs joker deposit pulsa

    BalasHapus